Searching...
Minggu, 30 Agustus 2015

Memilih dan Membeli Domain TDL untuk Blogger

20.27.00
Apa itu Domain ? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama unik tersebut bisa berupa huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-).

Alamat IP server tempat file web sebenarnya berupa deretan angka, misal 77.165.90.89, sehingga bisa mengetikkan deretan angka tersebut ketika hendak mengunjungi website, tetapi itu sulit untuk diingat. Oleh karena itu fungsi domain untuk memudahkan mengingat web server yang dikunjungi.

Ada beberapa macam (level) domain:

1. TDL (Top Level Domain), berupa deretan kata dibelakang nama domain, seperti .com, .net, .org, .info, .gov, .edu, .tv, .asia, .biz, .name, dan lain-lain. Semua ini disebut Global Top Level Domain (gTLD). Sedangkan domain yang memakai kode negara (Indonesia, .id; Malaysia, .my; Singapura, .sg) disebut Country Code Top Level Domain (ccTLD) seperti web.id, co.id, .sch.id, .go.id, .my.id, or.id dan lain-lain.

2. SLD (Second Level Domain) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah balikpapan.com, maka 'balikpapan' adalah SLD, sedangkan .com nya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain. Misalnya nama domain adalah balikpapan.com, maka bila ditambahkan nama lain sebelumnya yaitu mail.balikpapan.com atau blog.balikpapan.com.

Adapun layanan yang menjual Third Level Domain, salah satunya adalah eNom seperti .us.com, .br.com, .cn.com, dan seterusnya. Sedangkan yang gratis co.cc, cz.cc dan seterusnya.

Mengapa Memilih TDL untuk Blogger?
Untuk situs ini, saya memilih domain web.id, sedangkan hostingnya menggunakan blogger (blogspot). Alasan memilih TDL untuk blogspot adalah:
  • Mudah ditemukan Search Engine Google karena blogger juga milik Google.
  • Mudah pemeliharaannya (maintenance) dan banyak sumber referensi yang membahas blogger.
  • Hemat biaya hosting karena cukup mengeluarkan biaya pembelian domain TDL saja. 
  • Blogger juga teringerasi dengan Google sehingga cukup punya satu akun Google untuk bisa membuka blog, email dan layanan lainnya.
Kekurangannya, kita tidak bisa leluasa memindahkan file yang ada di hosting Blogger dan beresiko kena ban bila melanggar peraturan Blogger, tetapi selama kita patuh pada aturan Blogger maka aman.

Mengapa memilih domain ID atau web.id ?
  • Menunjukkan Indonesia banget
  • Domain ID lebih aman dan lebih terpercaya karena untuk mendapatkan domain ID diperlukan identitas yang jelas berupa KTP atau sejenisnya.
  • Harga lebih terjangkau, lebih-lebih domain web.id paling murah. 
Dimana Tempat Membeli Domain ?
Tempat untuk membeli domain dan hosting sangat banyak, baik di Indonesia maupun luar negeri. Diluar Indonesia misalnya www.godaddy.com,www.namecheap.com, www.register.com, dreamhost.com, www.name.com, dan sebagainya.

Sedangkan di Indonesia, misalnya indowebsite.net, dapurhosting.com, idwebhost.com, jagoanhosting.com, rumahweb.com, masterweb.net, indowebsite.net dan sebagainya.

Dalam hal ini, saya pilih membeli domain di www.masterweb.com atau MWN.