Searching...
Sabtu, 05 September 2015

Lupa Password Joomla dan Mendeskripsi Kode MD5

02.07.00
Pernah lupa password joomla, atau website yang kita kelola di localhost ?. Cara mengatasinya cukup kita masuk ke php myadmin, lalu buka database dan cari tabel admin atau user yang berisi ada username dan password.

Dalam tabel tersebut, username nampak jelas, tetapi password masih berupa kode yang cukup panjang. Kode tersebut adalah enkripsi password MD5, kepanjangan dari Message-Digest algortihm 5Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

Kebalikan enkripsi adalah deskripsi. Cara melakukan Deskripsi terhadap kode tersebut banyak disediakan di internet. Cracker biasanya banyak memanfaatkan hal ini untuk menjebol sistem keamanan data.


Misalnya password dalam tabel database terdiri dari rentetan angka dan huruf berikut : "0192023a7bbd73250516f069df18b500", setelah kita deskripsi, ternyata password tersebut adalah "admin123".

Deskripsi bisa dilakukan di situs www.md5crack.com, md5decryption.com, www.milw0rm.com/cracker, www.securitystats.com/tools/hashcrack.php, www.passcrack.spb.ru, www.md5-brute.com, md5.benramsey.com, dan masih banyak lagi di internet.